Kepala Dinas Perikanan Pantau Stock Pangan TPI

44

Kapuas Hulu, Kalbar – Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (KTPI) Sukiman mengikuti rapat koordinasi stabilitas harga dan penjaminan ketersediaan pasokan atau stock kebutuhan pokok masyarakat menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 Masehi di Aula Bupati Kapuas Hulu, Kamis (31/3).

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat dihadiri oleh Kepala OPD dan Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) guna mengantisipasi untuk pengendalian harga pangan di Kapuas Hulu  menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2022.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menyampaikan, pengendalian harga bahan pangan daerah perlu dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan bahan dan harga pangan kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan berita resmi Statistik Kalimantan Barat pada bulan Januari 2022 (gabungan 3 kota) yakni, Pontianak, Singkawang dan Sintang mengalami inflasi atau terjadi peningkatan harga indek konsumen (IHK) dari 107,96 pada Desember 2021 menjadi 108,86.

Mengingat Kabupaten Kapuas Hulu sebagian besar kebutuhan pangan disuplai dari luar daerah seperti Pontianak, maka perlu langkah-langkah strategis dalam usaha menjaga stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri

Kepala Dinas Perikanan menuturkan akan terus berkoordinasi dan memantau stock pangan khususnya ketersediaan ikan di masing-masing Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kapuas Hulu. Ada 6 TPI yang akan menjadi sumber data dalam memantau harga ikan yakni TPI Putussibau, Selimbau, Suhaid, Silat Hilir, Jongkong dan Badau.