LKS Tripartit Jadi Wadah Musyawarah Permasalahan Ketenagakerjaan

41

Kayong Utara, Kalbar –  Bupati Kayong Utara, Citra Duani memimpin rapat LKS (Lembaga Kerja Sama) Tripartit terkait isu dan permasalahan ketenagakerjaan bertempat di Ruang Rapat Bupati, Sukadana, Rabu (6/4).

Dalam rapat tersebut dihadiri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Perwakilan Serikat Buruh, Perwakilan Pengusaha serta Perwakilan Perusahaan (APINDO) yang tergabung dalam Tripartit di Kabupaten Kayong Utara.

LKS Tripartit adalah forum musyawarah, komunikasi yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur perwakilan pekerja, dan unsur pengusaha dengan tujuan memberikan saran, solusi terhadap permasalahan ketenagakerjaan.

Bupati Citra menyampaikan, bahwa dengan forum ini, sebagai wadah musyawarah antara buruh maupun pengusaha dan perusahaan bersama pemerintah daerah dalam mencari solusi permasalahan ketenagakerjaan.

“Dua tujuan forum ini sebagai wadah musyawarah dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan, yaitu dengan penyusunan kebijakan ketenagakerjaan dan memecahkan permasalahan ketenagakerjaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan, maka diperlukannya sinergitas bersama baik itu, unsur buruh, pengusaha serta unsur perusahaan.

“Mari kita ciptakan komunikasi yang baik dengan menyusun arah strategis ketenagakerjaan terkait mengatasi permasalahan yang ada,” ungkap Citra.

Ia berharap, kepada perusahaan yang ada di Kayong Utara harus memberikan dampak pembangunan ekonomi berkelanjutan. “CSR perusahaan harus berdampak pada pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan,” pungkasnya.