MKKS Bahas Strategi pembelajaran  Masa Pandemi Covid-19

117

Sanggau, Kalbar – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menghadiri Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Kabupaten Sanggau dengan tema Strategi kepimpinan kepala sekolah di masa Pandemi Covid-19 menuju Sanggau maju. Kegiatan bertempat di Gedung Sinai Komplek Paroki Pusat Damai, Kecamatan Parindu, Kamis, (10/3).

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan, bahwa pada kegiatan ini untuk menyatukan visi dan misi kepala daerah dalam rangka  mencapai visi dan misi terkait dengan Sanggau pintar. Musyawarah inilah tempat yang paling tepat, karena mereka-mereka ini nanti menjadi garda depan yang dibutuhkan sesuai dengan tema MKKS hari ini.

“MKKS ini merupakan wadah untuk mereka saling bersilaturahmi satu dengan yang lainnya, karena ini saling bersinergi satu dengan yang lainnya. Artinya bagaimana mereka saling melihat satuan-satuan yang pernah mereka lihat terutama mereka yang menjadi tuan rumah penyelenggara MKKS, karena sekolah yang menjadi  tuan rumah wajib menyampaikan  profil sekolahnya dan kegiatan yang mereka lakukan kesehariannya,” jelasnya.

 Ia mengungkapkan, bahwa musyawarah ini juga menjadi kekuatan untuk para guru, terutama para kepala sekolah bagaimana mereka bisa nanti bersama-sama mendiskusikan hal yang terkait untuk meningkatkan kinerja sekolah mereka masing-masing. “Musyawarah ini menjadi sebuah hal yang teramat penting dalam rangka mereka untuk meningkatkan kinerja mereka di satuan mereka masing-masing,” tutur Yohanes.

Ia juga mengungkapkan, untuk para kepala sekolah ini saling menguatkan, karena bagaimana pun visi, misi kepala daerah harus di capai.

“Tidak hanya kepala daerah, tetapi semua orang, baik itu aparat atau pelaku dibidang Pendidikan. tentu masyarakat secara umum, harus bisa dan mampu memahami serta mengetahui visi dan misi kepala daerah. Sehingga, mewujudkannya lebih mudah seperti kebersihan lingkungan, kesehatan lingkungan, hidup tertib dalam hidup bermasyarakat dan sebagainya,” ungkapnya.

 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono menyampaikan, Pertemuan khusus Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Sanggau ini merupakan  Kegiatan rutin. Karena, situasi pandemi maka kegiatan MKKS ini sudah hampir dua tahun tidak dilaksanakan.

“Hari ini mereka bertemu kembali, walaupun masih situasi pandemi, sehingga pertemuan ini mengacu pada protokol kesehatan yang ketat. Pertemuan MKKS kali ini membicarakan bagaimana strategi kepala sekolah menghadapi proses pembelajaran di sekolah,  di tengah pandemi Covid-19. Karena, bagaimanapun kita juga sudah melakukan atau membuat surat edaran berkaitan dengan bagaimana melakukan proses pembelajaran di sekolah dimasa pandemi, secara teknis dibicarakan pada pertemuan hari ini, karena kita hanya membuat edaran bagaimana mengatur proses pembelajarannya,” katanya.

Selanjutnya, dia mengatakan, pertemuan hari ini diikuti oleh 125 Kepala Sekolah SMP yang ada di Kabupaten Sanggau, baik itu swasta maupun negeri. “Kegiatan ini biasanya kita lakukan sebulan sekali, mudah-mudahan kalau ini berlanjut bulan depan kita akan pertemuan kembali dengan tempat yang berbeda. Jadi, setiap sekolah diharapkan bisa menampilkan profil sekolahnya masing-masing, agar memacu sekolah-sekolah lain untuk bisa melihat kemajuan sekolah-sekolah yang menjadi tuan rumah. Sehingga diharapkan ada efek positif peserta MKKS ini bisa melihat kemajuan yang dicapai oleh sekolah penyelenggara,” pungkasnya.