New Normal, ASN Sintang Diminta Masuk Seperti Biasa

32
Bupati Sintang, Jarot Winarno

Sintang (Kalbar Post) – Pemerintah Kabupaten Sintang memutuskan untuk memasuki masa transisi new normal sejak 1 Juli 2020. Keputusan tersebut disertai dengan membuka banyak sektor kehidupan di Kabupaten Sintang. Demikian juga dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, sudah wajib masuk seperti biasa tanpa ada pembagian jam kerja atau menggunakan sistem shift.

Sebelumnya, saat penetapan status darurat covid-19, Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan sistem kerja dengan shift, dan bekerja dari rumah (work from home) bagi ASN untuk mengurangi kerumunan dan menghentikan penyebaran covid-19.

Bupati Sintang melalui Surat Edaran Nomor: 860/2037/BKPSDM-D tanggal 23 Juni 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Tatanan Normal Baru di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang meminta ASN untuk masuk kantor serta beraktivitas seperti biasa, dengan menerapkan seluruh protokol kesehatan. Sedangkan ASN yang bekerja di satuan pendidikan agar mengikuti kebijakan Menteri Pendidikan dan secara teknis diatur tersendiri melalui Surat Edaran Bupati Sintang.

“Masuk kerja seperti biasa, namun ASN wajib memakai masker, menjaga kebersihan lingkungan kerja dan selalu cuci tangan. OPD wajib menyediakan sarana cuci tangan. Bagi ASN yang sakit dengan gejala demam, batuk kering, pilek, sakit tenggorokan, sulit bernafas wajib melaporkan diri pada pimpinan OPD untuk dilakukan pemantauan oleh Dinas Kesehatan,”  kata Jarot.

Penyelenggaraan rapat atau kegiatan tatap muka di kantor wajib menjalankan protokol kesehatan dan menjaga jarak. Melakukan perjalanan dinas ke luar provinsi secara selektif dan sesuai tingkat prioritas serta urgensi yang harus dilaksanakan. “Pimpinan OPD agar memantau pelaksanaan tugas ASN yang ada di unit kerjanya” pinta Bupati Sintang. Dalam Surat Edaran tersebut, Bupati Sintang menunjuk 3 instansi yang dijadikan percontohan dalam penerapan protokol kesehatan dan phsycal distancing yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, RSUD AM Djoen Sintang, Puskesmas Sungai Durian, Puskesmas Tanjung Puri dan Puskesmas Dara Juanti. (tim/editor : tantra)

Komentar