PBM Sintang  Gelar  HUT Kapitan Pattimura Ke – 205

46

Sintang, Kalbar – Asiten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J, dalam hal ini mewakili Bupati Sintang menghadiri pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kapitan Pattimura ke-205 tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Basudara Maluku (PBM) di Kabupaten Sintang yang dilaksananakan di Aula Langkau Kita, Rumah Dinas Jabatan Wakil Bupati Sintang, Minggu, (22/5).

Asisten II bidang Perekonomian Pembangunan Setda Sintang, Yustinus menyampaikan, apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka mengingat sejarah dan perjuangan seorang pahlawan Kapitan Pattimura.

“Atas nama pemerintah kabupaten sintang saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. perjuangan kapitan pattimura merupakan peristiwa penting dan menjadi catatan sejarah bagi bangsa dan negara, yang harus selalu dikenang. disebarluaskan dan disosialisasikan pada masa kini dan yang akan datang,” ujarnya.

Ia menjelaskan,  kisah kepahlawanan yang melawan penjajah merupakan salah satu bentuk perlawanan sejati, yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dan membebaskan diri dari kaum penjajah.

“Semangat kepahlawanan Kapitan Pattimura dalam mengusir penjajah, mestinya tertanam dalam sanubari seluruh warga masyarakat Maluku di mana pun berada terutama yang berada di Kabupaten Sintang. Perjuangan yang hendaknya menggugah hati dan tekad untuk memperkokoh dan meningkatkan rasa persatuan, kebersamaan dan kerukunan  di mana pun berada terutama untuk Perkumpulan Basudara Maluku (PBM),” jelasnya.

Ia berharap, bahwa masyarakat pantas meneladani perjuangan yang telah dilakukan oleh Kapitan Pattimura pada zamannya, untuk selanjutnya diimplementasikan di zaman kemerdekaan ini untuk memerangi kemiskinan, keterbelakangan dan berbagai kekurangan dari bangsa ini untuk menuju bangsa dan negara yang lebih maju, adil, makmur  dan sejahtera lahir maupun batin.

“Saya harap semangat perjuangan Thomas Matulessy yang atau yang dikenal sebagai Kapitan Pattimura, dapat menjadi momentum untuk menggelorakan perjuangan pbm untuk membangun negeri. Masyarakat Maluku yang berada di Sintang khususnya PBM harus termotivasi untuk terus berjuang dan maju, cerdas serta berdaya saing,” harapnya.