Pejabat Struktural Dilingkungan Pemkab Sintang Resmi  Dilantik

40

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang,  Jarot Winarno memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (17/5).

Hadir pada acara tersebut, unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, para Asisten Setda Kabupaten Sintang, kepala OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, pemuka agama, unsur Pengurus TP PKK Kabupaten Sintang, organisasi wanita lainnya dan para pejabat struktural yang di lantik.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan,  pelantikan hari ini terasa spesial karena mengingat para pejabat yang dilantik melalui proses seleksi yang sangat ketat.

“Pelantikan hari ini special, karena  beda dengan pelantikan lainnya. Ada yang dilantik sebagai pejabat tinggi pratama yang sudah melalui proses seleksi yang ketat. Proses fit and proper test untuk pejabat tinggi pratama. Saudara-saudara ini berhasil, itu tentu luar biasa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan,  pada pelantikan kali ini ada 3 jabatan eselon II yakni jabatan Staf Ahli yang diisi dan diharapkan dapat membantu tugas Bupati Sintang.

“Dengan pelantikan ini melegakan buat saya, saya yang selama ini sakit, tidak ada wakil Bupati dan tidak ada staf ahli Bupati. Karena selama ini Kita dibantu Sekretaris Daerah dan para Asisten. Dengan adanya staf ahli ini, untuk membantu saya dalam bekerja. Langsung bekerja. Hari ini, sore ini ada masalah yang akan kita selesaikan. Saya minta tolong Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan membantu saya,” tuturnya.

Dalam arahannya, ia menyampaikan, kepada Staf Ahli untuk mendampingi serta membantu tugas Bupati Sintang.

“Dengan adanya staf ahli Bupati ini, dalam waktu 2,5 tahun agar bisa bekerja efektif dan efisien, selesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Saya minta batas antara kecamatan segera diselesaikan mengingat masih banyak mengalami masalah,” ucapnya.

Ia berpesan,  kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang untuk profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Satuan Polisi Pamong Praja yang dipimpin oleh seorang wanita, tentu dengan ketegasan, tetap mengutamakan pendekatan manusiawi dalam penegakan Peraturan Daerah di Kabupaten Sintang. Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan, ada misi mewujudkan Sintang Lestari. Tata guna lahan harus diatur dengan baik,” pintanya.

Selanjutnya, ia menambahkan, untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga, fungsi Dukcapil dalam mengurus administrasi kependudukan dan membantu mensukseskan kerjasama dengan Pengadilan Negeri Sintang tentang pelayanan administrasi kependudukan di kecamatan. Membantu proses penyusunan DPT persiapan pelaksanaan Pemilu.

Jarot berpesan, kepada para pejabat yang baru dilantik baik itu Eselon II.A maupun Eselon III dan dukungan para istri.

“Untuk Eselon II A, terpilih lima orang. Tentu kalian sudah dipilih, bekerjalah dengan baik. Jangan kecewakan kami, pegang amanah itu. Langsung  bekerja, tugas sudah menunggu. Staf Ahli Bupati, konsolidasi kembali. Saya sudah berusaha untuk membuat staf ahli berfungsi selama ini. Silakan dilanjutkan Kembali, untuk Eselon III segera bekerja, tantangan banyak dihadapan kita. Mudah-mudahan semuanya berjalan baik. Selamat kepada semuanya, kepada para istri, dukung para suaminya dalam bekerja. Jadilah pejabat yang sederhana dan merakyat. Sederhana saja, tidak perlu malu. Saya biasa ngopi di mana-mana. Biasa saja. Ketemu orang di mana-mana, biasa saja. Tunjang suami agar tetap menjadi sederhana. Bagi saya, kesederhanaan adalah kemewahan itu sendiri,” tutup Jarot.

Adapun pejabat Eselon II.b yang dilantik yakni

1. Staf Ahli Bupati bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan

2. Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Pembangunan dan keuangan

3. Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM

4. Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan

5. Kepala Satuan polisi Pamong Praja

Eselon III.a

1. Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang

2. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang

3. Sekretaris Badan Pengelola Pendapatan Daerah

4. Sekretaris Dinas penataan Ruang dan Pertanahan

5. Sekretaris Satpol PP Sintang

6. Kepala Bidang Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sintang

Jabatan Administrator & Pengawas

1. Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sintang

2. Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sintang

3. Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sintang

4. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sintang