Pemkab Sintang Dukung Program Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda

24

Sintang, Kalbar – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh  Hendrika, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata membuka pelaksanaan Pelatihan Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda di Kabupaten Sintang Tahun 2022 di Cafe Cika, Rabu, (16/2). Sebanyak 40 anggota Pramuka Saka Wana Bhakti Kabupaten Sintang mengikuti pelatihan selama dua hari. Peserta akan diberikan materi tentang  Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Hendrika menyampaikan, bahwa pemuda merupakan generasi penerus cita- cita bangsa, menempati posisi central dalam mata rantai kepemimpinan dan pembangunan nasional.

“Saya berharap hendaknya pemuda hari ini dapat menjadi penerus bagi terdahulunya. Karena, Saat arus globalisasi belum seutuhnya dapat dimanfaatkan dengan baik bagi semua kalangan, terutama pemuda. kita berharap, pengaruh arus globalisasi tersebut agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Karena, sangat berdampak terhadap persoalan bangsa, baik di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya maupun hankam,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga berpesan, agar pemuda tidak melupakan perannya sebagai agent of change, namun pemuda jangan terpaku dengan peran tersebut saja. Tetapi setelah melakukan perubahan, pemuda harus menjadi pelaku dan berperan dalam berbagai aspek kehidupan,” ungkapnya.

Berbagai elemen sangat penting dalam menentukan karakter pemuda  dengan melakukan berbagai upaya. diantara upaya itu, pemerintah melalui instansi terkait telah menyediakan dan melakukan berbagai pelatihan karena pemuda harus diasah kepribadian agar mampu membangun dirinya dalam arus globalisasi teknologi saat ini

Dia juga menyampaikan, untuk menjadikan pemuda harus mampu bersaing dalam arus kecanggihan teknologi, banyak upaya dilakukan pemerintah yakni dengan penyadaran pemuda, pemberdayaan , serta pengembangan pemuda.

“Saya berharap pemuda yang mengikuti pelatihan hari ini agar menjalaninya dengan maksimal, dan menerapkannya dilingkungan masing masing. bagaimanapun, tidak semua pemuda yang memperoleh kesempatan untuk mendapat ilmu dari narasumber,” ucapnya.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Sintang akan mendukung penuh kegiatan tersebut,  karena ini merupakan  upaya mencerdaskan bagi para penerus estafet perjuangan bangsa dalam mengisi pembangunan.

“Berharap dari kegiatan ini akan dapat meningkatkan kapasitas pemuda kabupaten sintang. sehingga berwawasan kontenporer dan berdaya saing, handal, berkarakter dalam mewujudkan masyarakat sintang yang cerdas dan maju untuk menuju generasi emas 2045,” pungkas Hendrika.