Pendonor Darah Harus Dipastikan Tak Covid-19

67
Para ASN di Kabupaten Sanggau sedang melakukan aksi donor darah.

Sanggau (Kalbar Post ) – Hari Donor Darah Sedunia, diperingati oleh Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau dengan menggelar aksi donor darah. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah ASN dibeberapa OPD. Kepala Dinas Kominfo Sanggau, Joni Irwanto menyampaikan, aksi donor darah tersebut untuk mendukung gerakan kemanusiaan dan memperingati hari donor darah sedunia.

“Ini partisipasi kita untuk pasien yang memerlukan darah,” katanya.

Dikatakan dia, jika ada ketersediaan stok darah di PMI Sanggau, akan sangat membantu pasien yang membutuhkan darah, sehingga mengurangi resiko gagal dalam penanganan yang disebabkan kekurangan darah.

“Kami berterima kasih pada PMI Kabupaten Sanggau yang sudah bekerjasama dengan para perangkat daerah untuk melakukan donor darah,,” katanya, Selasa (30/6).

Ia mengatakan, donor darah sangat baik dilakukan untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh. “Apabila kita menjadi pendonor secara teratur, maka sirkulasi perubahan darah di dalam tubuh akan secara teratur mengalami peremajaan,” tambahnya.

Joni mengingatkan, para pendonor agar memastikan kondisi kesehatannya terutama tidak terpapar Coronavirus Disease atau Covid-19, maupun penyakit lainnya yang dapat menularkan.

“Sebelum kita mendonorkan darah, kenali diri kita sendiri dan periksa dengan baik kepada petugas yang akan memeriksa. Saya kira ini sebuah gerakan sosial dan kemanusian yang mesti dilakukan secara benar dan sehat,” tegasnya. (sugeng/editor : tantra)

Komentar