Pertahankan Tradisi, Kabupaten Sekadau Rayakan Cap Go Meh

105

Sekadau, Kalbar – Bupati Sekadau, Aron menghadiri Acara Perayaan Imlek 2573 dan Cap Go Meh 2022 yang dilaksanakan di Yayasan Bhakti Luhur, Jalan Irian, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa, (15/2).

Pada kesempatan tersebut, Aron mengatakan, bahwa perayaan Imlek sekaligus Cap Go Meh pada malam hari ini merupakan salah satu perayaan tradisional yang sudah diwariskan secara turun-temurun dari ribuan tahun yang lalu yang patut dikembangkan dan dilestarikan.

“Acara ini sebagai bentuk mempertahankan tradisi dan adat istiadat yang ada. Semoga ditahun macan air ini kita semua diberikan ketangguhan, kemampuan dalam menghadapi berbagai persoalan dan semoga kita semua selalu diberikan kekuatan dan rezeki yang melimpah,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2022 di Kabupaten Sekadau ini mengusung tema yaitu ‘Harmonis dalam Etnis’. “Tentu ini menjadi hal yang harus dijunjung tinggi dan pegang bersama, karena selaku Pemerintah Daerah selalu memberikan kesempatan kepada seluruh etnis untuk dapat berkembang,” ungkapnya

Pada perayaan tersebut juga dilakukan penyerahan cinderamata dari Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sekadau kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang diserahkan langsung oleh Bupati Sekadau.

Diakhir acara juga dilakukan serangkaian pertunjukan dari beberapa tarian khas adat tionghoa, adat melayu dan adat dayak serta ditutup dengan atraksi barongsai dari Yayasan Bhakti Luhur dan kembang api.

Turut hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Ketua TP.PKK Kabupaten Sekadau,  Kapolres Sekadau, Danramil Sekadau Hilir, Camat Sekadau Hilir, Ketua MABT, Ketua DAD Kabupaten Sekadau serta Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Sekadau.