PTK Indonesia Peduli Korban Banjir

89

Sintang, Kalbar – Bencana banjir besar yang merendam wilayah timur Kalbar, hampir sebulan lamanya telah mengundang keprihatinan berbagai pihak. Akibat banjir tersebut, puluhan ribu orang mengungsi. Banyak lembaga dan organisasi sosial kemasyarakatan yang tergerak untuk membantu para korban banjir di Kabupaten Sintang, Sanggau, Sekadau, Melawi dan Kapuas Hulu. Salah satunya Perhimpunan Tionghoa Kalbar (PTK) Indonesia, yang turun langsung ke lokasi banjir untuk membantu para pengungsi.

Ketua Umum PTK – Indonesia, Tjhai Leonardi mengatakan, PTK – Indonesia telah menyalurkan bantuan untuk para korban banjir di Kabupaten Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Putussibau. Sebanyak 3.000 pake sembako telah disalurkan yang dibantu oleh Korem 121/Abw. “Setiap paket senilai Rp120 ribu. Dari Tim Sosial Bakmi Loncat juga turut ikut serta membantu sekitar 1.000 paket,” katanya.

Dikatakan dia, di Kabupaten Sanggau, dalam mendistribusikan bantuan untuk korban banjir, PTK – Indonesia dibantu PPAS (Perkumpulan Perantau Asal Sanggau) dan PBS (Perkumpulan Bhakti Sentosa). Bantuan yang diserahkan oleh Ketua Umum PTK-Indonesia Tjhai Leonardi, diterima oleh Ketua PPAS Tedi Cung.

Kemudian di  Kabupaten Melawi, bantuan PTK – Indonesia mendapat sambutan baik oleh MABT (Majelis Adat Budaya Tionghoa) Kabupaten Melawi dan perwakilan Perkumpulan Warga Nanga Pinoh.

Esok harinya, rombongan menuju Kabupaten Sintang. Tepatnya di Makorem 121/ABW, dan disambut oleh Kasrem 121/Abw, Kolonel Kav Aloysius Nugroho Santoso. Bersama rombongan Kasrem, rombongan PTK-I diajak menuju Denbekang XII/44-02 untuk melihat keadaan dapur umum. Secara spontan rombongan PTK-I menyumbang dapur umum TNI ini sebesar Rp35 juta. Setelah itu, rombongan menuju lokasi banjir menggunakan perahu karet.

Di Kabupaten Sintang rombongan disambut oleh Perwasinta dan MABT Kabupaten Sintang.

Rombongan juga menuju ke Sungai Ayak, Kabupaten Sekadau untuk meninjau lokasi banjir. Rombongan harus menggunakan sampan ke titik lokasi, yang akan diberikan bantuan. Warga setempat menyambut baik kehadiran rombongan.

Bantuan sembako yang diberikan PTK – Indonesia untuk Sanggau 500 paket,  Melawi 500 paket, Sintang 1.750 paket, Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang 300 paket, Putussibau 400 paket, Sungai Ayak Kabupaten Sekadau 400 paket.

“Kami turut perihatin melihat kondisi saudara kami di Hulu Kalbar yang tertimpa banjir berkepanjangan. Kami merasa terpanggil untuk membantu dengan ikhlas tanpa membedakan Suku, Agama, Ras, dan golongan,” jelas Ketua PTK-Indonesia.

Ia berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. (tantra/tim)