Rumah Sakit Pratama Nanga Mahap Segera Dibangun

20

Sekadau, Kalbar – Bupati Sekadau Aron menghadiri acara peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sakit Pratama yang dilaksanakan di Desa Landau Apin, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Senin (11/7).

Turut dihadiri, Camat Nanga Mahap, Plt Kadis Kesehatan PP dan KB, Kadis Kominfo, Kepala BPRPD, Plt Kadis PUPR, Kepala Desa Landau Apin serta Danramil dan Kapolsek Nanga Mahap.

Dalam penyambutan Bupati Sekadau beserta rombongan dan dilanjutkan dengan pemotongan bambu muda yang dilakukan langsung oleh Bupati Sekadau Aron lalu diiringi dengan dengan tarian adat dayak saat penyambutan tersebut.

Camat Nanga Mahap, Martinus Ridi mengungkapkan, Rumah Sakit ini dibangun pada tempat yang strategis dimana rumah sakit ini merupakan daerah hulu dari sungai Sekadau serta menjadi akses terdekat di 4 Desa yaitu Desa Teluk Kebau, Lembah Beringin, Tembaga dan Landau Apin yang juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Ketapang.

“Kami berharap pembangunan Rumah Sakit ini dapat menjadi salah satu sarana untuk memajukan perekonomian kita terutama juga adanya pembangunan jembatan yang menyeberangi sungai sekadau. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kita nantinya tidak dapat menyeberang dikarenakan banjir,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Bupati Sekadau, Kepala Dinas PUPR yang bersedia memberikan pembangunan fasilitas masyarakat tersebut yang telah lama diimpikan oleh masyarakat di Kecamatan Nanga Mahap.

Bupati Sekadau Aron memaparkan, bahwa sebelumnya telah melakukan paparan di Kementerian Kesehatan di Jakarta terkait dengan keinginan untuk membangun Rumah Sakit Pratama di Desa Landau Apin.

“Ini juga menjadi pertimbangan kita karena waktu itu ditentukan paling tidak terdapat di daerah perbatasan, jadi kita sepakati pembangunan dilakukan di Desa Landau Apin,” ujarnya.

“Sebelum itu, pada pembangunan Rumah Sakit Pratama ini sebenarnya kita berebut dengan Ketapang, karena ini juga dapat menjadi akses untuk masyarakat Ketapang pergi ke Sekadau untuk lebih mengenal Kabupaten Sekadau lebih luas,” imbuh dia.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau Henry Alpius dalam sambutannya menyebutkan untuk dana pembangunan rumah sakit Pratama tersebut berasal dari dana DAK Penugasan dengan anggaran dana sebesar 13 Milyar lebih dengan masa pengerjaan yaitu 180 hari.

“Dengan dibangunnya rumah sakit pratama ini merupakan hasil perjuangan Pemerintah Daerah Sekadau di Kementerian Kesehatan untuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sekadau yaitu Maju, Sejahtera dan Bermartabat,” ungkap dia.

“Sementara pada bidang kesehatan Pemerintah Daerah telah meningkatkan fisik dan pelayanan di setiap Puskesmas atau fasilitas kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Sekadau,” pungkas dia.

Usai pelaksanaan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sakit Pratama, Bupati Sekadau beserta rombongan berlanjut ke acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan yang juga masih berada di Desa Landau Apin Kecamatan Nanga Mahap.