Pameran Temporer Jadi Tempat Edukasi Sejarah Sambas

51

Sambas, Kalbar – Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Kota Sambas Ke – 391 dan Perpindahan Ibu Kota Sambas Ke-23 Tahun 2022, Bupati Sambas Satono bersama Pangeran Ratu Raden Muhammad Tarhan, lakukan kegiatan susur sungai yang bermula dari Dermaga Wisata menuju Museum Daerah Kabupaten Sambas dengan diiringi musik tanjidor menggunakan motor air, Senin (11/7).

Acara susur sungai ini merupakan awal kegiatan dari acara Pembukaan Pameran Temporer Museum Daerah Kabupaten Sambas yang digagas oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sambas dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.

Kedatangan Bupati dan rombongan di sambut dengan tarian tradisional yang berasal dari Kabupaten Sambas dengan diiringi tabuhan rebana yang dihadiri juga Dandim 1208 Sambas, Sekda Sambas, Ketua TP PKK Kabupaten Sambas, serta segenap undangan lainnya.

Bupati Satono berharap, agenda rutin ini bisa menjadi wahana, nilai edukasi, nilai budaya dan bisa diteruskan pada generasi pemuda di Kabupaten Sambas.

Menurut dia, dari sekian banyak masyarakat Kabupaten Sambas, pastinya masih banyak yang belum mengetahui akan berbagai sejarah di Kabupaten Sambas, sehingga momen seperti ini sangat penting dalam rangka bagaimana nilai-nilai pendidikan, nilai-nilai sejarah bisa diajarkan kepada pemuda di Kabupaten Sambas untuk mempelajari bagaimana sejarah Kabupaten Sambas yang telah berdiri selama 391 tahun ini, sampai dengan perpindahan ibu kota yang telah mencapai 23 tahun.

Ia juga berharap, agar kegiatan seperti ini bisa terus digalakkan dari tahun ke tahun, agar para pemuda di Kabupaten Sambas bisa teredukasi dengan baik, tentang sejarah Kabupaten Sambas.

Pangeran Ratu Raden Muhammad Tarhan memberikan apresiasinya atas terselenggaranya acara tersebut yang dinilai cukup baik untuk dilaksanakan.  Di zaman milenial sekarang ini sangat penting untuk dilaksanakan acara ini yang mana untuk mengdukasi masyarakat Kabupaten Sambas tentang sejarah berdirinya Kabupaten Sambas sampai sekarang ini.

Dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Bupati Sambas, Pameran Temporer Museum Daerah Kabupaten Sambas sacara resmi dibuka. Terlihat bupati Sambas berserta rombongan melihat secara langsung ke dalam Musem Daerah yang memperlihatkan tentang sejarah Kabupaten Sambas yang telah berdiri selama 391 Tahun ini.