Sandan : Desa Ujung Tombak Pembangunan

81

Sintang, Kalbar – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Sandan mengajak mengajak seluruh pemerintahan desa di seluruh Kabupaten Sintang untuk bersama-sama membangun kabupaten tersebut.

“Mari memperkuat komitmen kita bahwa keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sintang ditunjukan dengan keberhasilan pembangunan di desa sebagai ujung tombak pemerintahan. Profesionalime dan integritas kepala desa  menjadi sangat penting untuk membangun desa,” katanya

Melkianus juga meminta supaya antara pemerintahan desa dengan kecamatan dan Pemkab sintang harus selalu kompak dan harmonis serta tidak ada konflik. Kepala desa sebagai pemimpin harus peka dan mampu menyerap keinginan masyarakatnya.

Dia mengatakan, untuk membangun desa diperlukan inovasi dan kreativitas pemerintahan desa. Pembangunan Kabupaten Sintang harus dimulai dari pinggiran yakni desa.

“Saya minta seluruh kepala desa mampu menterjemahkan kebijakan Pemkab Sintang dengan bekerja keras membangun desanya,” tambah Sandan.

Dikatakannya, pemerintah kecamatan diwajibkan untuk mengawasi dan membina pemerintahan desa. Dia mengatakan, pemerintahan desa siap dari sisi administrasi dan teknis operasionalnya dalam pelaksanaan pembangunan di desa.

“Pemkab Sintang juga harus terus meningkatkan kemampuan kepala desa dalam menggerakan segenap elemen di desa dan memberikan informasi serta regulasi terbaru mengenai pengelolaan pemerintahan desa.    “Kalau soal harmonisasi pembangunan, Pemkab Sintang harus menyinkronkan dengan program pembangunan pemerintahan desa. Kebutuhan masyarakat desa itu banyak sekali, maka Pemkab Sintang menyesuaikan dengan kemampuan keuangan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di desa. Karena pemerintahan desa tentu tidak mampu menyesuaikan dengan keinginan Pemkab Sintang,” terang Sandan.

Tak hanya itu, Sandan juga meminta, pemerintah desa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki desanya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat setempat.

“Pembangunan ekonomi harus menjadi prioritas para kades,” pintanya. Menurutnya, keberhasilan pembangunan desa yang dilakukan kades, terlihat dari kesejahteraan warganya.