Sekda Hilaria Sebut Peran Penting Perempuan Dalam Pembangunan

34

Kayong Utara, Kalbar – Hilaria Yusnani,  menghadiri Sosialisasi Pengarus Utamaan Gender (PUG) bertempat di Aula Istana Rakyat, Sukadana, Kamis (30/6).

Dalam sosialisasi tersebut, ia menilai perempuan memiliki peranan penting dalam keberhasilan pembangunan di Indonesia maupun dunia.

“Pentingnya kesetaraan antara laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan sehingga sosialisasi ini, mewujudkan peran perempuan dalam pembangunan yang adil, efektif dan akuntabel,” ujarnya.

Dikatakannya, Sosialisasi PUG ditujukan agar semua program pembangunan dapat mempertimbangkan kesempatan akses perempuan.

“Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender menjadi bagian yang tidak terpisah dari semua instansi dan lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah guna mencapai kualitas hidup masyarakat tanpa membedakan jenis gender,” ungkap dia.

Ia berharap, dengan sosialisasi ini, menjadi acuan bagi Organisasi Perangkat Daerah dan sektor lainnya untuk memperhatikan aspirasi berbagai suara perempuan dalam melaksanakan kebijakan.

“Dalam melaksanakan kebijakan dan program atau kegiatan untuk memperhatikan aspirasi perempuan sebagai bentuk pembangunan yang berperspektif gender,” ucap dia.