Sintang Buat Rancangan Zona Jalan

16

Sintang, Kalbar – Wakil Bupati Sintang, Askiman mengatakan, Dinas PU daerah setempat diperintahkan untuk membuat rancangan zona jalan untuk mengatasi persoalan pemeliharaan jalan di jalur Ketungau.

Menurut Askiman, perlu dibuat peta zonasi dan prioritas pemeliharaan jalan untuk ruas yang ada dari Sintang sampai Kecamatan Ketungau Hulu.

“Dinas PU akan membuat peta ruas jaringan jalan, akan dirapatkan dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan. Kemudian, kita buat rancangan zona jalan,” kata Askiman.

Rancangan ini, kata Askiman, akan dikoordinasi dengan perusahaan, kemudian dibuatkan dalam bentuk Peraturan Bupati.

Sehingga bisa dilaksanakan pemeliharaannya dengan baik oleh masing-masing pihak. “Kita ini punya masalah soal pemeliharaan jalan yang sudah ada,” kata Askiman.¬† Sementara rakyat butuh jalan yang baik supaya transportasi lancar sehingga turun – naik dari kampung ke kota nyaman.

Askiman mengatakan, jika kondisi infrastruktur jalan terjaga baik, banyak hal positif yang terjadi di tengah masyarakat. Roda ekonomi masyarakat desa akan berputar, perutaran barang dan uang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga ke kampung-kampung.

Sementara Senior Plantation Manager PT BPJS Luman Agro, Ratnam S Somoo mengatakan, persoalan perbaikan jalan yang ada, hanyalah persoalan maintance jalan tiap tahun. “Perusahaan akan mudah untuk atur dananya, ” katanya.

Dikatakan dia, pihaknya perlu peta yang akurat, sehingga batas-batas jalan yang dipelihara oleh perusahaan dan pemerintah semakin jelas. “Kita bolehlah pasang plang batas sebagai patok dan informasi,” tambahnya.

 

Komentar