Sintang Sangat Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Kalbar Tahun 2021

31

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan secara kesiapan pelaksanan dan fasilitas-fasilitas untuk pelaksana dan lainnya, Kabupaten Sintang siap melaksanakan atau menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-XXIX Provinsi Kalbar tahun 2021.

“Aalnya ide untuk menjadi tuan rumah itu memang kami minta. Intinya Kabupaten Sintang sangat siap untuk melaksanakan MTQ ini. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” harap Jarot, Selasa (30/3).

Kemudian, kedatangan Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalbar beserta rombongan akan memberikan kepada kami support moral supaya Kabupaten sintang ini lebih siap lagi. Kami dan memohon saran dan masukan dari LPTQ Provinsi Kalbar,” ucap Jarot.
Mengenai anggaran, kata Jarot, sudah dianggarkan oleh Pemprov Kalbar. “Alhamdulillah tadi dari Biro Kesra sudah menyampaikan ke saya kabar bagus terkait anggaran pelaksanaan. Yaitu Rp 5 miliiar. Mudah-mudah tidak ada perubahan. Bahkan kalau bisa ditambah,” harapnya lagi.

Namun, kata Jarot, yang menjadi kendala nantinya pada pelaksaannya apakah bisa secara virtual dan faktual pada bulan November mendatang. Mengingat saat ini masih dihadapkan pada pandemi COVID-19.

“Diperkirakan program vaksinasi tuntas pada bulan Juni. Atau paling lambat Juli. Karena hampir pada Juni atau Juli seluruh masyarakat Indonesia sudah mendapatkan vaksin. Karena itu nanti akan terlihat pada penurunan kasus yang terjadi,” kata dia.
Ia berharap MTQ nantinya bisa dilaksanakan tatap muka. Tapi tentunya, kata Jarot, kemanusiaan adalah hukum tertinggi. Sehingga protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan supaya kegiatan berjalan lancar.

Ketua LPTQ Kalbar, Andi Musa mengharapkan pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021 di Kabupaten Sintang ini harus berkualitas dan bermartabat. Pelaksanaan MTQ yang berkualitas dipengaruhi beberapa faktor. Seperti pengurus LPTQ Provinsi Kalbar, pengurus LPTQ kabupaten/kota se-kalbar, panitia pelaksana MTQ di Kabupaten Sintang, peserta MTQ nya, dewan hakim MTQ nya, sistem pelaksanaan MTQ nya, sarana dan prasarana MTQ nya dan dukungan anggaran pelaksanaan MTQ nya.