Stadion Baning Jadi Venue Utama MTQ Kalbar Tahun 2021

31

Sintang, Kalbar – Kabupaten Sintang dipastikan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-XXIX Provinsi Kalbar tahun 2021. Untuk menggelar event akbar tersebut, Sintang menyiapkan Stadion Baning sebagai venue utama.

Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Syarif Yasser Arafat, banyak tempat yang akan digunakan sebagai penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Kalbar. Selain Stadion Baning sebagai venue utama, ada juga Gedung Seni, Indoor Apang Semangai, Gedung Padepokan, Gedung Cadika, Rumah Adat Melayu, aula MTs, aula MAN, Gedung PGRI, Masjid An-Nur, Gedung Pancasila, Masjid Al-Amin.

“Dan tempat tinggal para kafilah dari kabupaten/kota selama pelaksanaan MTQ nanti juga sudah beberapa tempat kita survei untuk dipersiapkan,” terang Yasser.

Yasser menjelaskan, untuk tema dan logo MTQ juga sudah dibuat, tapi masih bersifat tentatif. Untuk tema utama yang sudah disusun yakni aktualisasi nilai-nilai universal Al-Qur’an dalam bingkai kehidupan yang religius, rukun dan damai menuju Kalimantan Barat yang maju dan inovatif.

“Tema ini kami adopsi dari dua sisi. Yaitu visi misi Bupati 2016-2021 yang kemudian dilanjutkan 2021-2026, yakni masyarakat kabupaten sintang yang religius. Kemudian juga mengadopsi visi dan misi Gubernur Kalbar. Yang juga menjadi tema ulang tahun Provinsi Kalbar yang ke-64 tahun 2021. Yakni Kalbar yang maju dan innovatif. Namun sekali lagi tema ini masih tentatif tentu nanti akan kita matangkan kembali sesuai arahan-arahan dari LPTQ Kalbar,” jelas Yasser.

Sementara untuk anggaran yang sudah diajukan melalui Biro Kesra Pemprov Kalbar Rp 6.970.000. 000,00. Untuk cabang lomba yang sudah disusun saat ini yakni 27 cabang. Sementara untuk non lomba itu ada 7.

“Skenario pelaksanaan MTQ pelaksanaan kegiatan itu ada dua. Yaitu masih dalam kondisi pandemi COVID-19 kegiatan lomba secara virtual dan faktual. Dan apabila pelaksanaan kegiatan telah berakhirnya pandemi COVID-19 maka kegiatan lomba secara faktual,” terang Yasser.

Ketua LPTQ Kalbar, Andi Musa mengingatkan bahwa dalam pelaksaan MTQ di Sintang dari segi pengelolan anggaranya harus dikelola dan di pertanggungjawabkan dengan baik, transparan dan akuntabel.
Andi Musa juga bersyukur, untuk sarana dan prasaran di Kabupaten Sintang cukup banyak pilihan tempat atau venue perlombaan.