Wakil Bupati Pengurus DAD Kecamatan Kembayan

63

Sanggau, Kalbar – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Kembayan Periode 2021-2026, bertempat di Romin Bunuo Jalan Morowi Desa Sebungkuh, Kecamatan Kembayan. Jumat (10/09).

Kedatangan rombongan DAD Kabupaten Sanggau tersebut disambut dengan ritual adat dayak Kecamatan Kembayan, serta diiringi dengan tarian adat dayak menuju tempat kegiatan.
Hadir dalam kegiatan Sekjen DAD Kabupaten Sanggau Urbanus, Ketua PDKS Kabupaten Sanggau Yuvenalis Krismono, anggota DPRD Kabupaten Sanggau Yeremias Marselinus, Hendrikus Hengki dan Paulus, Kasat Pol PP Kabupaten Sanggau Victorianus, Camat Kembayan Sandoro Atmojo, Camat Beduai Miko Martoyo, Forkopincam, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Kembayan serta tamu undangan lainya.
Wakil Bupati sekaligus Ketua DAD Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan, kegiatan ini untuk mengukuhkan Ketua DAD Kecamatan Kembayan serta jajaran pengurusnya.

“Dengan dikukuhnya kepengurusan DAD Kecamatan Kembayan, kita berharap ketua dan jajarannya bisa menjalankan tugas dengan baik,” ucap Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot. Ia menginginkan DAD Kecamatan melakukan konsilidasi internal.

Dikatakan dia, internal dalam artian khusus kepada masyarakat adat Dayak itu sendiri. Karena Kemarin, ada dua kandidat. “Nah, harus segera ketua terpilih agar dapat melakukan konsilidasi dan kerjasama agar DAD Kecamatan semakin solid dan kompak,” ujarnya.

Dia menegaskan, Ketua DAD Kabupaten Sanggau sebagai mitra pemerintah. Tentunya Ketua DAD Kecamatan Kembayan juga harus melakukan sinergisitas dengan pemerintah dan seluruh komponen yang lain.

“Apakah tokoh-tokoh Melayu, tokoh-tokoh di luar dewan adat Dayak. Lakukan konsilidasi sehingga kekuatan ada di semua lini, tidak hanya ada di lembaga ini saja. Nah inilah sebagai kekuatan agar dapat bertumbuh bersama,” jelas
Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot.

Ia berharap DAD bisa lebih baik meningkatkan kinerjanya. “Saya kira ketua yang lalu sudah membuat tombak untuk DAD ke depannya, untuk bisa bekerja melahirkan prestasi yang baik. Hal-hal yang baik ditingkatkan dan yang kurang diperbaiki,” pesannya.

Ketua DAD Kecamatan Kembayan Thomas mengatakan ingin mewujudkan masyarakat adat yang beradat, berwibawa kemudian berbudaya.

“Sehingga bukan hanya dikagumi, dihargai, disegani oleh masyarakat Dayak khusus nya. Tapi juga oleh masyarakat adat atau masyarakat umum,” tuturnya Thomas.

Ia menyatakan ingin kerja sama dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya. Seperti Majelis Adat Melayu yang ada di Kecamatan Kembayan.