Wali Kota Singkawang Buka Launching Toleransi dan Seminar

56

Singkawang, Kalbar – Wali Kota Singkawang membuka secara resmi kegiatan Launching Tahun Toleransi 2022 dan Seminar Membangun Moderasi Beragama dalam Bingkai NKRI menuju Singkawang Hebat di Ballroom Hotel Swiss-Belinn Singkawang, Senin (11/7).

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, bahwa terciptanya kedamaian kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia didorong oleh kesetiaan dan ketaatan seluruh masyarakat kepada dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila dan UUD 1945.

“Ketika kita setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara Indonesia, saya yakin dan percaya kesatuan bangsa Indonesia tidak mudah diprovokasi oleh negara manapun. Negara Indonesia adalah negara yang besar dan terdiri dari berbagai suku, agama dan budaya yang ada di dalamnya,” ungkap dia.

“Kemudian, rasa cinta Tanah Air untuk penting ditanamkan bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa sedini mungkin. Salah satunya, dengan jalur pendidikan yang ampuh mendorong rasa kecintaan anak-anak terhadap Tanah Air Indonesia melalui pengamalan Pancasila dan UUD 1945,” imbuh dia.

Ia menilai, peranan moderasi beragama sangat penting dalam menjaga NKRI, menciptakan toleransi dan kerukunan bangsa. Cara ini dianggap ampuh untuk menghadapi radikalisme suatu agama yang memecah-belah persatuan Indonesia dan mengancam kehidupan beragama.

“Tujuan launching Tahun Toleransi 2022 dan seminar ini adalah untuk menjaga toleransi yang sudah kita bina dan bisa terus kita tingkatkan. Sehingga, Kota Singkawang bisa dijadikan sebagai kota percontohan. Kemudian, para wisatawan yang datang ke Kota Singkawang pun merasa aman dan nyaman,” jelasnya.

Ketua FKUB Kota Singkawang, Baharuddin beserta perwakilan umat beragama lainnya membacakan Deklarasi Tahun Toleransi 2022. Prosesi ini disaksikan oleh Wali Kota Singkawang, Ketua DPRD Kota Singkawang, Kajari Singkawang, WaKapolres Singkawang, Kakan Kemenag Kota Singkawang dan Kakanwil DJKN Kalimantan Barat.

Adapun isi Deklarasi Tahun Toleransi 2022, yaitu pertama, Taat dan patuh terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara, kedua melakukan penguatan toleransi, kerjasama, kesetaraan dan gotong royong guna mempertahankan Kota Singkawang Sebagai Kota Toleran Terbaik Nasional dan demi pemeliharaan kerukunan umat beragama.

Kemudian, ketiga menghormati perbedaan Agama, Suku, Ras dan Budaya dan keempat melawan gerakan Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, Separatisme, Komunisme, serta Khilafah yang bertentangan dengan Pancasila UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika demi keutuhan Negara Kesatuan Republi Indonesia.