Yohanes Ontot Tinjau Lokasi Ritual Nosu Minu

18

Sanggau, Kalbar – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot melakukan peninjuan lokasi puncak pelaksanaan Ritual Nosu Minu Podi ke-XVIII di Rumah Betang Dori’ Mpulor, Kabupaten Sanggau, Rabu (6/7) pagi. Peninjauan ini untuk memastikan persiapan rangkaian ritual Nosu Minu Podi.

Yohanes Ontot yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau menjelaskan, bahwa rangkaian ritualnya sudah dimulai dari sore kemarin, yaitu ritual Bepadah di pedagi. Hari ini dilanjutkan ritual Manta’, kemudian lanjut lagi ke ritual berikutnya siang nanti. Ini semua persiapan untuk acara puncak Nosu Minu Podi besok.

Ia mengatakan, seluruh rangkaian ritual ini merupakan bentuk permohonan doa keselamatan kepada Tuhan dan seisi penunggu alam agar pelaksanaan puncak Nosu Minu Podi besok berjalan lancar dan selamat. “Melalui ritual ini, mudah-mudahan Penompa dan para leluhur ikut menjaga kita semua di Kabupaten Sanggau khususnya di sekitaran tempat ini,” ucapnya.

Ritual Nosu Minu Podi ke-XVIII dituan-rumah DAD Kecamatan Toba. Ketua DAD Toba, Sukamto menjelaskan, ritual Manta’ yang dilakukan pada Rabu ini merupakan permohonan kepada Tuhan melalui leluhur untuk melindungi prosesi Nosu Minu Podi dan menjaga Sanggau dari berbagai bahaya.

“Nama adatnya kalau kami menyebutnya Mulang Pedagi. Intinya meminta keselamatan dan perlindungan kepada Yang Maha Kuasa melalui perantara para arwah leluhur yang ditempatkan di Pedagi,” tutur Sukamto.