43 Mahasiswa IKIP PGRI KKM di Sintang

22

Sintang, Kalbar – Penjabat Sementara Bupati Sintang yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menerima 41 mahasiswa IKIP PGRI Pontianak yang akan magang dan kuliah kerja mahasiswa (KKM) di Kabupaten Sintang. Penerimaan para mahasiswa tersebut dilaksanakan di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Senin 18 Oktober 2020. Sebanyak 41 mahasiswa/mahasisa asal Kabupaten Sintang yang kuliah di IKIP PGRI Pontianak tersebut, diantar langsung oleh Rektor IKIP PGRI Pontianak, Rustam, M. Pd. Kons dan Dosen Pembimbing Magang Dr. Sandie, M. Pd.
Turut hadir dalam acara penerimaan mahasiswa magang dan KKM ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Drs. Lindra Azmar, M. Si, Kepala Sekolah tempat magang dan KKM, mahasiswa/mahasiswi serta jajaran IKIP PGRI Pontianak.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menyampaikan, Pemkab Sintang mendukung kegiatan magang dan KKM yang dilakukan oleh IKIP PGRI Pontianak. “Sejak awal memang kami sudah memberikan masukan agar mahasiswa asal Sintang bisa melakukan magang dan KKM di Sintang. Harapan kami, mahasiswa menjadi mudah beradaptasi, karena sudah mengenal karakter siswa dan masyarakatnya,nserta membangun daerahnya sendiri,” katanya. Hanya saja, sekolah di Kabupaten Sintang belum melakukan belajar dengan tatap muka dan belajar secara online akibat pandemi covid-19.

“Kebanyakan sekolah mengambil kebijakan, hanya mengumpulkan siswa pada hari tertentu. Saya berharap kondisi ini tidak mematahkan semangat mahasiwa yang akan magang. Tapi justru memberikan motivasi untuk berinovasi serta menggunakan teknologi informasi,” kata dia.
Karena ke depannya, ucapnya, teknologi informasi sangat diperlukan. Silakan mencari cara yang cocok untuk menerapkan ilmunya, di saat tidak ada belajar tatap muka seperti sekarang. Silakan lakukan komunikasi dengan guru, siswa dan masyarakat dimana tempat magang. “Tunjukan kepribadian yang baik dan mudah beradaptasi” tambah Yustinus J.
Rektor IKIP PGRI Pontianak Rustam, M. Pd. Kons menyampaikan terima kasih pada Pemkab Sintang yang sudah menampung mahasiswa IKIP PGRI Pontianak untuk tempat magang dan KKM. “Ada 14 kabupaten kota yang menjadi lokasi pelaksanaan magang dan KKM. Kami memang sengaja mengirim mahasiswa ke kabupaten asalnya untuk magang dan KKM, supaya mereka bisa cepat melakukan komunikasi dan mudah dalam menjalankan tugasnya. Tantangan besarnya adalah pandemi covid-19. Saya berpesan agar mahasiswa menunjukan kepribadian yang baik di sekolah dan ditengah masyarakat,” terang Rustam.

Ia minta seluruh mahasiwa agar bersikap sopan santun. Selalu menyatakan siap kalau diberikan arahan dan perintah. “Kata siap menunjukan kita bisa berupaya melakukan arahan. Jangan bilang saya tidak tahu atau istilah lain yang menunjukan pesimisme. Biasakan mengucapkan terima kasih dan kata maaf. Ini akan membantu mahasiswa selama berada di lapangan,” ujarnya. Lakukan komunikasi yang positif dengan guru, siswa dan masyarakat. “Saya yakin mahasiswa akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman yang baik selama berada di lokasi magang dan KKM,” tambah Rustam.
Dosen Pembimbing Magang Dr. Sandie, M. Pd. menyampaikan, sebanyak 43 mahasiswa/mahasiswi IKIP PGRI Pontianak asal Kabupaten Sintang akan melakukan magang dan KKM di Kabupaten Sintang. “Sebanyak 43 mahasiswa asal Sintang ini, menuntut ilmu di 10 program studi IKIP PGRI Pontianak. Mereka akan magang di 8 sekolah di tiga kecamatan yakni Sepauk, Sintang dan Serawai,” kata dia. Mereka akan magang mulai 26 Oktober 2020 sampai 4 Januari 2021. Sedangkan KKM akan dilaksanakan di 3 kecamatan yakni Kayan Hilir, Kelam Permai dan Sintang pada 7 Januari 2021 sampai 27 Januari 2021.

Komentar