Bupati Kayong Utara Terima Penghargaan Prakarsa Gerakan Menanam

14

Kayong Utara, Kalbar – Bupati Kayong Utara Citra Duani memperoleh penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia dan Dunia (Leprid) atas prakarsa dalam kegiatan gerakan menanam tanaman pangan dan hortikultura terbanyak serentak se-Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat untuk peningkatan produktivitas pangan nasional di masa pandemi COVID-19 tahun 2021.

Penghargaan diserahkan Ketua Umum Leprid Paulus Pangka usai pelaksanaan penanaman serentak Sabtu (19/4).

Paulus Pangka menjelaskan, apresiasi atau penghargaan tersebut juga diberikan kepada Kapolres Kayong Utara, AKBP Bambang Sukmo sebagai inisiator kegiatan, Dandim 1203 Ketapang Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta dan Wakapolres Kayong Utara, Komisaris Polisi Kuntadi Budi Pranoto sebagai pendukung dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kayong Utara sebagai penyelenggara.

“Saya salut dan merasa bangga atas kekompakan masyarakat Kayong Utara, terutama ibu-ibu juga terlibat dalam aksi kegiatan menanam serentak ini,” kata Paulus.

Sebagai sosok yang memprakarsai kegiatan ini, Citra Duani menggelorakan semangat masyarakat Kayong Utara untuk tetap produktif meski di tengah di wabah COVID-19.

Aksi penanaman pohon ini diikuti hampir 400 kelompok tani, masyarakat, TNI dan Polri yang tersebar di lima kecamatan dengan disaksikan melalui zoom meeting.

“Kita menanam tanaman pangan dan hortikultura sebanyak 57 jenis” jelas bupati.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Florentinus Anum menuturkan, Kabupaten Kayong Utara sebagai salah satu dari lima kabupaten yang menyumbang surplus beras di Kalimantan Barat.

“Kayong Utara ini surplus beras karena produksi tahun 2020 sebesar 49.227 ton gabah giling kering,” ujar dia.