Dewan Dukung Pembangunan Perkantoran Kapuas Raya

17

Sintang, Kalbar – Rencana Gubernur Kalbar, Sutarmidji untuk membangun perkantoran Provinsi Kapuas Raya tahun 2020 sangat didukung oleh DPRD Sintang.
Salah satunya, Toni, Ketua Komisi B DPRD Sintang.
Katanya, realisasi Provinsi Kapuas Raya sudah lama didambakan masyarakat kawasan Timur Kalimantan Barat (Kalbar). “Mudah-mudahan dengan dibangunnya kantor Gubernur Kapuas Raya di Sintang, jadi tonggak awal untuk mewujudkan provinsi baru di kawasan timur Kalbar,” katanya.


Dikatakan dia, sebagai pimpinan komisi B DPRD Sintang, kami sangat mendukung supaya pembangunan kantor Gubernur Kapuas Raya cepat dilaksanakan.


Dikatakan Toni, Provinsi Kapuas Raya murni aspirasi masyarakat. Tidak ada kepentingan pejabat manapun di daerah ini. Karena, pemekaran akan membuka akses daerah terisolir serta mempercepat pembangunan di daerah timur Kalbar. Selain itu, rentang kendali pelayanan akan semakin dekat. “Ini yang kita harapkan bersama. Supaya Provinsi Kapuas Raya bukan mimpi. Tapi akan menjadi kenyataan,” kata dia.

Dengan adanya pemekaran, ia yakin pembangunan di kawasan timur Kalbar akan semakin maju. Kemudian porsi APBN dari pemerintah pusat tentu akan mengikuti seiiring terbentuknya provinsi baru. Selain itu, pemerintah provinsi Kalbar juga sudah setuju untuk membantu pembiayaan provinsi persiapan selama tiga tahun jika Kapuas Raya disetujui oleh pemerintah pusat.

Sebelumnya, saat seminar regional bertajuk Perencanaan Pemekaran Kapuas Raya Dengan Semangat dan Cita-cita untuk Meningkatkan Perekonomian Daerah oleh Pemerimpin Daerah, Sabtu (2/11) di Pontianak, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan Pemprov terus mengupayakan semua hal yang menjadi bagian persiapan pembentukan Kapuas Raya. “Tahun depan akan dimulai pembangunan perkantoran pemerintah,” katanya.

Komentar