DPD BKPRMI Sambas Gelar Pondok Ramadhan Ke – X

68

Sambas, Kalbar – Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi menghadiri pembukaan acara Pondok Ramadhan ke-X Se-Kabupaten Sambas di lapangan sepak bola desa Jirak, Kecamatan Sajad, Minggu,(3/4).  Acara yang digagas oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia DPD Sambas.

Acara tersebut dihadiri, Forkopimcam, perwakilan camat se-Kabupaten Sambas, Ketua DPD BKPRMI Provinsi Kalbar, tokoh Masyarakat Burhanuddin A. Rasyid, Tokoh masyarakat dan Agama Kecamatan Sajad, Kontingen dan Kafilah peserta pondok Ramadhan serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi menyampaikan, sangat bersyukur bahwa kegiatan Pondok Ramadhan ke – 10 ini dapat berjalan Kembali, setelah dua tahun vakum akibat pandemi.

“Kegiatan ini harus dilanjutkan bahkan lebih besar dan meriah karena sesuai dengan visi misi Sambas berkemajuan yaitu Beriman dan Gerbang Kartiasa,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini di tengah kasus asusila yang semakin meningkat di kabupaten Sambas, maka kegiatan seperti ini diharapkan dapat mengurangi kasus asusila tersebut dan ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

Ia juga mengungkapkan, untuk peserta yang hadir pada kegiatan ini, dapat menjadi generasi muda yang sholeh dan sholehah, serta dapat menjadikan sambas sebagai serambi Mekkah seperti yang di idam – idamkan masyarakat Kabupaten Sambas.

Ketua Panitia sekaligus kepala desa Jirak, Ikmal menyampaikan, ucapan terima kasih kepada BKPRMI Kabupaten Sambas yang telah mempercayai Desa Jirak sebagai Tuan Rumah Pondok Ramadhan ke -10 dengan peserta sebanyak 15 Kecamatan. “Agar acara dapat berjalan lancar dan  dapat mendukung Sambas berkemajuan,” ucapnya.

Ketua DPD BKPRMI Provinsi Kalbar, Firdaus Zar’in berharap, semoga Pemerintah Kabupaten Sambas dapat memfasilitasi secara rutin kegiatan  ini termasuk kegiatan wisuda dan khataman Al-Quran. Selain itu ada pelatihan kegiatan manajemen dakwah serta festival anak sholeh indonesia. “ Saya apresiasi kepada keterlibatan peserta yang lebih dari 50 persen dari total 19 Kecamatan di Sambas yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 15 Kecamatan,” tuturnya.

Camat sajad, Jumli mengatakan, agar masyarakat sajad dapat mendukung kegiatan Pondok ramadhan ini. “Saya merasa bangga, karena Kecamatan Sajad telah dipilih sebagai tuan rumah. Apalagi teruntuk peserta walaupun akses kecamatan sajad jauh dari pusat kota akan tetapi peserta dapat menikmati dan berinteraksi dengan masyarakat setempat,” ungkap Jumli.

Ketua DPD BKPRMI Sambas, Romi mengatakan, pondok ramadhan telah berlangsung selama 10 kali dan hari ini merupakan kegiatan sebagai pembuka puasa. Ia meminta maaf kepada seluruh undangan dan peserta karena sebenarnya kegiatan ini dimulai pada hari kedua puasa akan tetapi dikarenakan puasa dimulai tanggal 3 April 2022 sesuai dengan keputusan pemerintah, maka acara pembukaan menjadi hari pertama Puasa Ramadhan di mana seharusnya peserta dapat berbuka perdana bersama keluarga.

Acara yang berlangsung meriah serta menggunakan protokol kesehatan ini berlangsung selama tiga hari (3-5 April 2022) dengan diisi oleh rangkaian lomba-lomba seperti tilawah Al-quran,Azan, Tahfidz Al-Quran, Qasidah, Puisi Islam serta lomba2 yang bernafaskan syiar islam lainnya dan diakhir acara dilakukan penyerahan piala bergilir kepada Panitia serta penyematan tanda peserta dan foto bersama