Kebakaran di Nanga Pari, Bupati Instruksikan BPBD dan Dinsos Salurkan Bantuan

19

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang Jarot Winarno langsung bergerak cepat membantu korban kebakaran 7 unit rumah warga di Desa Nanga Pari, Kecamatan Sepauk.

Jarot sudah mengintruksikan tim kecamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sintang dan Dinas Sosial Sintang untuk turun ke lapangan pada hari ini. Kunjungan itu selain untuk memastikan kronologis kebakaran secara persis seperti apa, juga membawa bantuan sementara. Baik itu sembako, selimut maupun keperluan mendasar lainnya.

“Saya masih tunggu laporan dari camat yang lengkap. Karena masih kurang satu administrasi berupa tanda tangan kepala desa permohonan untuk diberi bantuan sosial bagi 7 rumah yang terdampak tadi. Kita juga akan bantu untuk tali asih untuk membangun rumahnya kembali. Kalau yang bantuan sosial, segera kita salurkan,” kata Jarot, Minggu (21/3).

Usai membesuk korban kebekaran yang menderita luka bakar di RSUD Ade M Djoen Sintang, Jarot turut menyampaikan rasa prihatinnya. Terlebih korban mengalami luka bakar diperkirakan di atas 50 persen. Namanya yakni Petus Sendi, laki-laki usia 99 tahun yang saat ini menjalani perawatan intensif di IGD RSUD Ade M Djeon Sintang.

“Saat ini beliau sudah mendapatkan 11 kop botol infus. Keadaanya stabil. Hari ini juga akan dilakukan perawatan oleh dokter bedah untuk pembersihan luka dan lainnya,” kata Jarot.

Ia mengatakan, dirinya awalnya ketika kejadian itu sudah mendapat laporan dari masyarakat kira-kira jam 15.00 WIB terjadi kebakaran di Kilometer 62 Desa Nanga Pari, Sepauk. Saya juga dapat laporan Camat Sepauk bahwa 7 rumah yang terdampak dari kebakaran ini. Dan api juga sudah terkendali.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima media ini, tim dari BPBD Sintang, Dinas Sosial serta Damkar sudah tiba di Desa Nanga Pari. Dikesempatan itu, mereka menyerahkan beberapa bantuan yang diperlukan masyarakat. Salah satunya sembako.