Lagi, Pengunjung Warkop di Sintang Positif Corona saat Razia Prokes

13

Sintang, Kalbar – Satgas COVID-19 Kabupaten Sintang kembali menemukan pengunjung warung kopi (warkop) positif corona berdasarkan swab antigen saat melakukan razia penegakan protokol kesehatan (prokes), Jumat malam 16 Maret 2021. Warga yang hasil swab antigennya positif langsung isolasi ke Rusunawa.

Razia penegakan prokes dipimpin Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto. Hadir pula Waka Polres Sintang Kompol Alber Manurung, Kepala Dinas Kesehatan Sintang dr Harysinto Linoh, Kasat Pol PP Martin Nandung, Camat Sintang Siti Musrikah dan anggota Satgas COVID-19 Kabupaten Sintang lainnya.

Total ada 63 pengunjung warkop yang menjalani tes antigen malam itu. Razia prokes tersebut menyasar dua warung kopi di Kota Sintang. Yakni warung kopi di Jalan Lintas Melawi dan Jalan Taruna.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr Harysinto Linoh mengatakan bahwa dengan kembali ditemukannya warga positif corona, diharapkan jadi pelajaran bahwa sudah saatnya mengurangi kumpul-kumpul di warung kopi. “Hindarilah kerumunan, kurangi nongkrong di warung kopi,” imbaunya.

Dengan adanya hasil tersebut, total sudah 2 orang positif corona saat razia prokes setelah lebih dulu menjalani swab antigen. Sehari sebelumnya Kamis malam 15 Maret 2021, Satgas COVID-19 melakukan razia serupa di warkop Jalan Lintas Melawi dengan melakukan swab antigen pada 76 orang.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Selain memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, juga harus mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

“Kita sudah razia di warung kopi dan menemukan pengunjung positif corona setelah swab antigen. Jadi, ketika kita ngopi mungkin di tengah-tengah kita ada yang positif. Kita tidak tahu. Dia pun tidak tahu. Sehingga, tolonglah selama Ramadan ini lebih baik ibadah di rumah. Kalau ngopi pun, ngopi di rumah. Kalaupun harus ibadah di masjid, lakukan dengan prokes ketat,” imbau Jarot.