Launching Inovasi SIRATU, Ini Harapan Wakil Bupati Sanggau

31

Sanggau, Kalbar – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot me-launching kegiatan Inovasi Strategi Penyelenggaraan Kearsipan Terpadu (SIRATU), bertempat di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau, Kamis (2/9)
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Burhannudin, SH., MH, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau H. Sukri, S.Sos, M.Si Plt. Kepala BPKAD Kabupaten Sanggau Silvestra Dayana Simbolon, SE, MM, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius, S.Sos, Kepala Disdikbud Kabupaten Sanggau Sudarsono, S.AP, Kepala Disbunak Kabupaten Sanggau H. Syafriansyah, SP, MM, perwakilan OPD, perwakilan Kecamatan dan tamu undangan lainnya.

Tim Efektif SIRATU, Nurfiansyah menyampaikan, kegiatan ini untuk mendukung program reformasi birokrasi dan meningkatkan pengelolaan arsip secara terpadu.
“Untuk mendukung program reformasi birokrasi serta kebijakan pembinaan kearsipan dan pengelolaan arsip, tentunya harus didukung oleh sumber daya dan sumber daya manusia yang dilaksanakan secara terpadu,” ujarnya.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau, Sukri menyampaikan, salah satu manfaat dari inovasi ini adalah untuk meningkatkan perpaduan dalam proses pengarsipan terhadap suatu instansi dengan instansi terkait lainnya.

“Pengelolaan arsip agar lebih baik khususnya dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Sanggau, serta agar lebih tertib dalam pengelolaan arsip dan sesuai dengan norma standar prosedur hingga pelayanan kearsipan menjadi berkualitas,” sambung Sukri dalam sambutannya.
Selanjutnya Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan, pengarsipan adalah persoalan lama yang sudah dari dulu menjadi PR dan perlu adanya pengelolaan yang baik.

“Persoalan arsip adalah persoalan yang panjang. Dari dulu menjadi persoalan hampir seluruh instansi yang ada maka perlu adanya strategi pengelolaan dan inovasi sehingga proses pengarsipan lebih baik dan terstruktur,” ujar Wabup Yohanes Ontot.

Yohanes Ontot, mengharapkan agar Inovasi SIRATU ini nantinya dapat membantu memecahkan masalah yang terkait dengan pengelolaan kearsipan.
“Dengan adanya inovasi SIRATU diharapkan nantinya dapat meningkatkan pengelolaan kearsipan khususnya di lingkup Kabupaten Sanggau. Sehingga nantinya setiap OPD dan instansi dapat dengan mudah mengelola surat menyurat sampai dengan pengelolaan arsip tersebut,” harapnya.