LKTL Dorong Capai Visi Kabupaten Lestari 2030

61

Sintang, Kalbar – Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) telah menyelesaikan empat agenda sekaligus dalam rapat umum anggota, Senin (5/7) yang dilakukan virtual. Empat agenda tersebut, diantaranya, pemilihan Ketua Umum LKTL Periode 2021-2024 dan mendorong produk UMKM semakin berkembang di era digital.

Gita Syahrani, Kepala Sekretariat LKTL di Jakarta menyampaikan, kabupaten yang menjadi anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) mendeklarasikan visi kabupaten lestari 2030, lewat model pembangunan inovatif yang menjaga lingkungan sekaligus menyejahterakan masyarakat.

“Kabupaten anggota LTKL melakukan pemilihan ketua umum dan menetapkan Kabupaten Sintang sebagai Ketua Umum LTKL periode 2021-2024,” katanya.

Asosiasi LTKL bersama kabupaten anggotanya menandatangani perjanjian kerja sama dengan berbagai mitra untuk mendorong pembangunan berkelanjutan. Sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada rapat koordinasi kepala daerah pada April 2021 untuk peningkatan daya saing daerah.

Para pemimpin kabupaten anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) kembali menyuarakan komitmennya mendukung capaian target nasional lewat Visi Kabupaten Lestari 2030, pada Rapat Umum Anggota (RUA) LTKL, Senin 5 Juli 2021.

“Kami menegaskan komitmen anggota LTKL untuk mendukung prioritas nasional lewat model pembangunan yang inovatif, bisa menjaga lingkungan sekaligus menyejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam deklarasi ini, LTKL berkomitmen bergotong royong dengan para pihak lintas sektor untuk melindungi setidaknya 50% dari total ekosistem penting dalam jurisdiksi kabupaten anggota. Ia mengatakan, melalui pendekatan, LTKL memastikan setidaknya 1 juta keluarga yang hidup di dalam atau sekitar ekosistem penting dalam kabupaten anggota dapat meningkat kesejahteraannya.

“Ini berarti pemberdayaan UMKM, pengembangan desa dan hilirisasi produk bernilai tambah, persis seperti arahan presiden,” jelas Dodi Reza Alex Noerdin, Ketua Umum LTKL saat pembukaan RUA.

Selain mendeklarasikan visi kabupaten lestari, kabupaten anggota LTKL juga berunding untuk keputusan penting yaitu pemilihan kepengurusan periode 2021-2024. Melalui pemilihan ketua umum yang berlangsung tertutup, disepakati bahwa Kabupaten Sintang resmi terpilih menjadi Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari periode 2021-2024.

“Terima kasih atas kepercayaan seluruh anggota telah memilih Kabupaten Sintang. Kami sangat membutuhkan dukungan dari seluruh kabupaten, dan seluruh pihak dalam menjalankan amanah ini. Kabupaten Sintang terus berusaha yang terbaik dan maju bersama dengan kabupaten- kabupaten anggota lainnya,” jelas Sudiyanto, Wakil Bupati Sintang.

Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa dan Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mengatakan, dalam penanganan pandemi, kerja sama yang terjalin antara APKASI dan LTKL adalah upaya gotong royong untuk bangkit dan pulih sebagai bentuk dukungan  mencapai target nasional.

“Salah satunya melalui peningkatan akses investasi berkualitas bagi daerah dengan pendekatan ekonomi lestari, yang mendorong seluruh kabupaten untuk mengembangkan industri bernilai tambah basis alam, dan diproduksi secara lestari oleh usaha masyarakat, seperti UMKM dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD),” jelasnya.