Pemkab Sintang Sintang Siap Dukung Kegiatan Pembangunan Polda Kalbar

22

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang siap mendukung kegiatan pembangunan yang dilakukan jajaran Polda Kalimantan Barat dan Polres Sintang.

Penegasan itu disampaikan Jarot saat peresmian Rusun Polda Kalbar di Kecamatan Sungai Tebelian. Rusun tersebut diresmikan langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, Minggu 21 Maret 2021.

Salah satu bentuk dukungan itu adalah dengan menghibahkan tanah untuk pembangunan rusun Polda Kalbar di Sintang seluas 5 hektar. “Luasan ini sesuai dengan batas kewenangan yang kami miliki. Selain 5 hektar yang kami hibahkan untuk Brimob di Jalan Sintang-Nanga Pinoh. Kemudian juga tanah Polres, tanah-tanah Polsek juga akan kami hibahkan. Kami siap membantu,” tegas Jarot.

Ia mengatakan, rusun Polda Kalbar di Sintang dibangun di kawasan yang sangat strategis. Lokasinya di jalan antara Sintang menuju Simpang Pinoh yang ramai sekali. Area rusun juga berdekatan dengan kawasan industri Sungai Ringin. Artinya, akan hadir beberapa investasi di sana.

“Kawasan ini awalnya adalah perumahan milik Pemda dengan luas34 hektar. Kemudian kita bagikan ke Polres Sintang dengan luas 5 hektar, kantor Badan Narkotika Nasional Kabupupaten (BNNK) Sintang 10.000 meter persegi, rumah susun Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Sintang yang sudah dibangun dan Kantor Wilayah GKII Wilayah I Kalbar,” bebernya.

Kemudian, kata Jarot, pemerintah tidak menunggu kepastian dari BNN terkait pembangunan kantor BNNK Sintang. “Apakah pasti akan dibangun tahun ini? Kalau tidak, maka akses jalan masuk segera akan kami lebarkan. Jalan masuk akan dibuat sebagi-baiknya, sesuai arahan Kapolda tadi agar diaspal dengan bagus. Mudah-mudahan kami selenggarakan,” kata Jarot.

Jarot kemudian mengungkapkan bahwa Pemkab Sintang turut berkontribusi membangun gedung SPN di Singkawang. Satu unit bangunan dengan nilai Rp 2,6 miliarsudah selesai. Minggu lalu sudah diaudit BPK RI. Dan satu bangunan lagi dengan nilai Rp 1,3 miliar sudah selesai lelang. Tinggal pelaksanaan kegiatan saja.

“Inilah bentuk kontribusi Pemkab Sintang untuk mendukung pembangunan oleh Polda Kalbar maupun Polres Sintang. Dengan harapan, modernisasi sarana prasarana Polri di Sintang akan berjalan dengan baik. Sehingga, bisa meningkatkan kualitas kerja rekan-rekan Polres Sintang menjadi polisi professional, modern dan terpercaya,” harapnya.