Pengolahan Air Gambut Solusi Atasi Kekeringan

39
Bupati Kayong Utara, Citra Duani melakukan pertemuan dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan I Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Dwi Agus Kuncoro.

Sukadana (Kalbar Post) – Bupati Kayong Utara, Citra Duani melakukan pertemuan dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan I Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Dwi Agus Kuncoro, Senin (10/8). Pertemuan ini untuk membahas penyediaan air bersih di wilayah Sukadana dan Simpang Hilir.

Dalam pertemuan tersebut, Citra meminta Balai bisa membantu Kayong Utara untuk mengatasi masalah air bersih yang melilit Kayong Utara. “Target kami dua Kecamatan dulu, Simpang Hilir khususnya Desa Telok Melano dan sekitar. Kemudian Kecamatan Teluk Batang,” jelas Bupati.

Proyek aliran air bersih di Kayong Utara diakui Citra, memang pernah bermasalah, karena pipa yang berada di Dusun Tanjung Gunung terbakar, sehingga membuat Kementerian PU melalui Balai Sungai Kalimantan kurang percaya lagi memberikan proyek untuk Kayong Utara. “Musibah yang ada di masa lalu, saya mohon dilupakan. Sekarang Kayong Utara sudah ada Polres. Yakinlah proyek akan aman. Untuk itu saya meminta bantulah kayong utara,” pinta Bupati.

Saat ini, Kayong Utara mengusulkan sumber air dari air belaban yang berada di Taman Nasional Gunung Palong. Pemanfaatan sumber daya air yang ada di gunung sekitar wilayah Sukadana.

Citra mencontohkan di daerah Melano, ada air sungai dan ada juga sumber air gambut, namun perlu pengolahan dengan menggunakan teknologi lagi. “Harapan kami 2021 sudah dieksekusi,” pinta Bupati. (humas/editor: tantra)

Komentar