Peringati Harganas 2021, DKBP3A Gelar Pelayanan KB Gratis

19

Sintang, Kalbar – Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang, Maryadi mengatakan, DKBP3A Kabupaten Sintang merencanakan akan melaksanakan kegiatan Pelayanan KB gratis kepada masyarakat. Rencana ini disampaikannya dalam rapat persiapan pelaksanaan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28 Tahun 2021 di Aula DKBP3A, Rabu (9/6). Rapat dihadiri oleh jajaran Dinas Kesehatan, Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Sintang, Praktek Bidan Mandiri (PBM), Puskesmas dan Bidan.

“Pelayanan KB gratis, kami laksanakan untuk memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII Tahun 2021. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, kami akan melibatkan banyak pihak,” katanya. Karenanya, lanjut dia, pihaknya mengundang beberapa lembaga yang nantinya akan membantu pelaksanaan pemberian pelayanan KB gratis dan jemput bola. Ia mengatakan, pihaknya perlu membicarakan secara teknis soal pelayanan KB gratis, supaya semuanya berjalan lancar dan sukses.

“Pelaksanaan pelayanan KB gratis akan dilaksanakan pada 24 Juni 2021. Mengingat masih dalam masa pandemi covid-19, maka kegiatan dilaksanakan secara sederhana, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat,” tegas Maryadi. Dikatakan dia, pelaksanaan pelayanan KB gratis akan dilaksanakan secara serentak, pada tanggal 24 Juni 2021, di semua fasilitas kesehatan. Seperti Puskesmas yang ditunjuk dan Praktek Bidan Mandiri (PBM) yang sudah melakukan kerja sama dengan Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang.

Saat pelayanan KB gratis, petugas akan menyiapkan pelayanan KB dalam bentuk pemberian pil, suntik, kondom, intrauterine device (IUD), implant, MOW (Metoda Operasi Wanita ) atau tubektomi, dan MOP (Metoda Operasi Pria) atau vasektomi pada masyarakat. “Kegiatan pelayanan KB gratis di dukung oleh Dinas Kesehatan, IBI, PBM dan Puskesmas. Mereka telah berkomitmen dan menyatakan dukungannya untuk menyukseskan pelayanan KB Gratis Sejuta Akseptor kepada masyarakat Kabupaten Sintang,” kata dia.

Nantinya Puskesmas yang ditunjuk dan PBM akan melaporkan hasil capaian pelayanan KB gratis kepada DKBP3A Kabupaten Sintang. Lokasi pelayanan adalah pada Puskesmas yang ditunjuk dan Praktek Bidan Mandiri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Maryadi menambahkan, Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana merupakan program yang bertujuan untuk mengarahkan agar keluarga mempunyai rencana dalam kehidupannya. Baik dalam hal mempunyai anak, pendidikan dan sebagainya, sehingga akan terbentuk keluarga-keluarga yang berkualitas.