Sintang Miliki 12 Danau Lindung

18

Pewarta : Tantra Nur Andi

Sintang, Kalbar – Kabupaten Sintang memiliki banyak danau. Pemkab Sintang melalui Peraturan Bupati telah menetapkan sebagian danau tersebut, sebagai danau lindung.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat keputusan terhadap status 12 danau lindung di Kabupaten Sintang. Salah satunya adalah Danau Jemelak.

Saat ini, Pemkab Sintang juga sedang melakukan pembangunan Sekretariat Jemelak Lestari. Lokasi Sekretariat persis di samping Kantor Lurah Akcaya yang memang masih satu kawasan dengan Danau Jemelak.

“Barang siapa yang mencintai alam semesta, maka alam semesta akan balik mencintai mereka dan akan jauh dari bencana alam. Maka saya sangat memberikan perhatian kepada kelompok masyarakat yang mau mengikrarkan diri untuk menjaga alam dan lingkungan ini,” katanya.

Ia mengatakan, upaya masyarakat Kelurahan Akcaya dalam memperkenalkan Danau Jemelak ini sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu. Tahun 2019 ini akhirnya masyarakat di sini membentuk sebuah organisasi yang diberi nama Jemelak Lestari atau Jelas. Pemkab Sintang sangat menghargai upaya dan komitmen dari masyarakat seperti ini. “Untuk itu, kita sudah berikan bantuan dana untuk Jelas membangun sekretariatnya,” terang Bupati Sintang.

Baginya, lanjut bupati kawasan Danau Jemelak ini seperti surga yang tersembunyi. Maka ia sangat mendukung konsep-konsep yang JELAS lakukan untuk menjaga danau ini. Organisasi Jelas ini akan di bantu oleh Tim dari World Wide Fund for Nature (WWF) dan Sintang Fresh Water Care. “Silakan saling bekerjasama dalam menjaga dan mengembangkan Danau Jemelak ini” pesan Bupati Sintang.

Ia berharap, nanti jika sekretariat Jelas ini sudah jadi. Jelas bisa lebih mengumpulkan dan bisa mengayomi masyarakat lain yang peduli terhadap lingkungan dan peduli pada kawawan Danau Jemelak ini. Sekretariat ini bisa menjadi wadah berkumpul nanti. “Sekretariat nantinya juga, saya harapkan menjadi tempat diskusi-diskusi untuk merancang program dan rencana untuk menjaga, melindungi dan mengembangkan Danau Jemelak dan danau lainnya. Saya berharap yang mengerjakan fisik sekretariat ini bisa segera bekerja dan bisa selesai tepat waktu” harap Bupati Sintang.

Anggota DPRD Sintang, Ghulam Raziq mendukung penuh Pemkab Sintang dalam melestarikan danau. Menurutnya, danau bisa menjadi objek wisata alam yang sangat menarik jika dikelola dengan baik. “Objek objek wisata alam seperti danau dan gunung harus terus dilestarikan dan dikelola dengan baik agar bisa menjadi sumber PAD bagi daerah,” katanya.

Selain itu, dengan pengelolaan kawasan danau yang baik akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Misalnya, dengan dijadikannya danau sebagai tempat wisata memancing yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Ghulam Raziq, Anggota DPRD Sintang

Komentar