Wakil Wakot Singkawang Tegur Kadis Tak Hadir Musrenbang

87

Singkawang, Kalbar – Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Singkawang Tengah di aula kantor Camat Singkawang Tengah, Rabu, (9/2).

Irwan mengatakan, kegiatan musrenbang merupakan salah satu cara pemerintah dalam mewujudkan program-program yang holistik. Ia berharap musrenbang ini juga dapat mempertemukan kedua belah pihak antara masyarakat dan pemerintah. Tak hanya itu, ia juga sempat menegur pelaksanaan Musrenbang ini. Pasalnya pada kegiatan ini, mendapati hanya beberapa Kepala Dinas terkait yang diundang untuk menghadiri musrenbang Singkawang Tengah.
“Pada musrenbang ini kita mencoba untuk mengevaluasi supaya on the track dan sesuai ketentuan serta menyentuh semua sektor kehidupan masyarakat. Terlebih lagi, pemerintah sudah menetapkan 10 program prioritas nasional seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sebagainya. Maka dari itu, kita juga mengedukasi kembali supaya masyarakat dan pemerintah sama-sama cerdas dalam rangka melaksanakan musrenbang ini,” ujarnya.

Berdasarkan laporan, Ia menemui rata-rata dampak permasalahan yang tertera di rekapitulasi hasil kesepakatan kegiatan prioritas pembangunan Kecamatan Singkawang Tengah berupa pembangunan fisik saja. Sementara, dirinya mengatakan rencana kerja pemerintah daerah juga harus mencakup perhatian pada bidang-bidang lain, seperti pertanian, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.
“Seperti yang dilaporkan tadi, rata-rata hampir semua Kelurahan mengusulkan pembangunan fisik. Padahal pembangunan itu tidak hanya bicara soal infrastruktur, tetapi juga bicara soal pelayanan dan pemberdayaan masyarakat. Banyak hal-hal yang tidak tersentuh di musrenbang ini dari usulan masyarakat,” tambahnya.

Adapun mayoritas dampak permasalahan yang terdata dari tiap-tiap Kelurahan di Kecamatan Singkawang Tengah seperti kondisi jalan rusak dan persoalan banjir.

Irwan menyampaikan, untuk mengajak peranan masyarakat dan perangkat daerah sebagai mitra pembangunan daerah yang seimbang untuk berdiskusi di musrenbang ini. Hal ini dimaksudkan, karena tujuan musrenbang adalah penyusunan rencana kerja pemerintah daerah.
“Semoga kedepannya ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik masyarakat ataupun perangkat daerah saja. Ayo, kita memposisikan peran kita sebagai mitra yang seimbang dan bersama-sama saling diskusi agar kualitas musrenbang kedepannya bisa lebih baik dan mewakili kebutuhan masyarakat. Jangan sampai musrenbang itu hanya dihadiri oleh beberapa perangkat daerah saja. Semua harus hadir dan menanyakan kepada masyarakat terkait kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Singkawang Tengah Hasan Nasirudin menanggapi, masukan yang diberikan oleh Wakil Wali Kota Singkawang terkait pelaksanaan musrenbang ini. Ia mengatakan bahwa kedepannya pihaknya akan memperbaiki pelaksanaan musrenbang dan segera menginstruksikan para lurah untuk menyusun program-program yang menyasar seluruh lapisan dan kebutuhan masyarakat.
“Ke depannya akan kami perbaiki sistemnya. Tadi telah disampaikan poin-poin terkait kebutuhan masyarakat. Kami juga akan masukan ke dalam daftar undangan kepada para Kepala Perangat Daerah. Segera diinstruksikan kepada para lurah untuk menyusun program-program yang tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik saja,” tutupnya.