Jarot Ingin Siswa Pintar Berkarakter

14
Sintang, Kalbar – Dinas Pendidikan  dan kebudayaan menggelar launching  Lo Pintar bertajuk Lorong Pintar Berkarakter Program Pendampingan Penguatan  Pendidikan Berkarakter SMP Berbasis Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Sintang,  baru-baru ini.
Bupati Sintang, Jarot Winarno, dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan mengatakan, dalam melaksanakan pendidikan karakter tidaklah mudah dan diperlukan andil besar keluarga.
“Sejak kecil lingkungan keluarga menempa karakter mereka, dan kita di lingkungan sekolah punya kesempatan memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak kita pada saat jam belajar sekolah ditambah kegiatan ekstrakulikuler,” kata Jarot.
Menurut Jarot, dalam pendidikan karakter, siswa di sekolah juga mempunyai kesempatan saat jam belajar dan ekstrakulikuler melalui berbagai kegiatan, di antaranya di luar kelas, pendidikan muatan lokal pada mata pelajaran.
”Salah satunya kita memanfaatkan bagaimana lorong sekolah ini menjadi  medium yang sederhana, inovatif untuk pendidikan karakter anak-anak kita,” ungkapnya.
Dijelaskan Jarot, pada usia 12 hingga 15 tahun anak-anak memasuki masa pubertas, dan pada usia ini ada dua karakter yang mereka miliki, dan harus hati-hati dalam mengelolanya.
“Anak-anak usia segini memiliki  sifat berani mengambil risiko energi berlebihan  serta rentan dengan tekanan di lingkungannya,” ucap Jarot.
Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sintang, Ernawati mengatakan, launching Lo Pintar  merupakan program pendampingan  penguatan pendidikan karakter siswa SMP  berbasis budaya sekolah pada seluruh SMP di Kabupaten Sintang.
Ernawati  juga menegaskan bahwa program yang dijalankan merupakan implementasi peraturan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo  tentang penguatan pendidikan karakter, dan juga merupakan dukungan dari stakholder internal serta stakeholder eksternal.
Dalam kegiatan hari itu juga dilaksanakan komitmen bersama penandatangan pendampingan pendidikan karakter pada satuan pendidikan di Kabupaten Sintang oleh Instansi terkait.

Komentar